Sebelumnya saya telah membuat jadwal belajar untuk Mika, dimulai dari bulan Agustus, September, Oktober dan November. Untuk bulan Oktober dan November belum dipost karena kendala teknis dan kini saya merubah konsep belajarnya. Pertama karena Mika memilih homeschooling yang artinya waktu belajar dia lebih banyak tanpa dipotong waktu ke sekolah seperti dulu dan kedua karena adiknya sudah mulai ikut belajar yang tematik, sehingga saya buat lagi kegiatan yang bisa dilakukan Mika dan Tita bersamaan dengan tingkat kesulitan yang berbeda tanpa menghilangkan suasana yang fun. Kami mulai dengan huruf A, berikut kegiatan-kegiatan yang telah kami lakukan.

A is for Aeroplane

Pertama adalah kegiatan menggunakan kertas origami. Bunda buatkan pesawat kertas lalu kami mainkan di luar rumah beserta mainan pesawat milik Mika dan Tita. Poin permainan ini ialah pesawat adalah kendaraan yang terbang di udara.
Masih dengan tema pesawat, bunda ajak Mika dan Tita untuk mengenal bagian-bagian pesawat dan memberikan mereka worksheet. Untuk tahap pengenalan, bagian yang dipelajari hanya sebagian saja yakni hidung pesawat, kokpit, badan pesawat, sayap, ekor, mesin pesawat, kabin, dan roda.

A is for Apple

Pada tema buah apel, kami membuat apple craft dan melakukan kegiatan sorting. Untuk Mika bunda berikan tiga ukuran berbeda yaitu big-medium-small sedangkan Tita hanya dua ukuran yaitu big-small.
Apple craft dibuat menggunakan bola styrofoam, cat air warna merah, dilengkapi dengan bahan sumpit dan kertas origami hijau untuk daunnya. Anak-anak selalu senang kalau kegiatannya adalah painting ūüôā

A is for Ant

Pada tema ini bunda ajak Mika dan Tita untuk mempelajari siklus hidup semut. Menggunakan life cycle of ant dari Safari Ltd dilengkapi dengan kartunya dari Game Montessori.
Bunda juga ajak mereka untuk berhitung menggunakan figur semut yang kami miliki di rumah. Untuk Mika bunda berikan penjumlahan sederhana dan untuk Tita bunda ajak untuk menghitung semut-semut yang ada pada worksheet yang telah disediakan.
untuk Mika
untuk Tita

A is for Animal

Sebelumnya kami pernah belajar tentang ini menggunakan toples yang diisi air, tanah, dan kosong. Kami melakukan lagi namun kali ini menggunakan alas bergambar awan, tanah, dan air. Produk dari Ayo Dulinan ini adalah salah satu karya lokal dengan kualitas baik, bisa dilipat dan dibawa kemana-mana.
Bunda kumpulkan berbagai macam figur hewan lalu kami kelompokkan sesuai tempat tinggalnya.

A is for Astronaut

Kegiatan ini kami isi dengan bermain sensori menggunakn pasir pantai dan figur astronot dari Safari Ltd. Bunda berikan info sedikit mengenai astronot seperti kenapa memakai baju khusus, kenapa menggunakan helm yang besar, selebihnya anak-anak bunda biarkan bermain dengan bebas untuk menstimulus indra perabanya.
Untuk video bermainnya bisa ditengok di channel youtube Family Play Fun yaaa hehhe yeaay! Sekian rangkuman kegiatan yang kami lakukan dengan tema huruf A, selebihnya adalah kegiatan tambahan seperti menggunting, melipat, painting dan stamping, bersepeda, main skuter, berenang dan kelas art di Global Art.
By the way, kegiatan-kegiatan di atas sudah beragam mulai dari menstimulus indra peraba dan koordinasi mata dan tangan lewat bermain sensori, pelajaran sains tentang siklus hidup semut, kegiatan matematika dengan berhitung, dan untuk Tita adalah pengenalan huruf pertamanya, menyebutkan suaranya plus belajar menuliskannya pada media pasir. Sekian untuk huruf A, sampai bertemu kembali di huruf B ya…

Pin It on Pinterest

Share This
%d bloggers like this: