Playdough and Scissor

by | Jul 19, 2018 | 0 comments

Saya beri Mikayla kegiatan menggunting saat usia 3 tahun, sampai menjelang usia 4 tahun pun masih jarang dilakukan. Karna kekhawatiran rebutan dengan adiknya membuat saya jarang memberikan kegiatan ini. Jujur tidak bisa selalu menemani mereka karna ada saatnya saya harus ke dapur atau mengerjakan tugas rumah tangga lain. Karena hal itu, Mikayla saat ini bisa menggunting namun belum rapi. It’s okay menurut saya karena di sekolah nantinya dia pasti lebih sering menggunting.

So, sekarang tibalah saatnya si Adik yang saya beri kegiatan menggunting ini. Untuk tahap pertama saya ajak ia menggunting playdough. Playdough dan gunting adalah kegiatan untuk mengasah kemampuan motorik halus anak.

Pertama-tama Bunda minta Adik memainkan playdough dengan jari-jarinya hingga menjadi adonan panjang seperti sosis. Selanjutnya dipotong menggunakan gunting kecil yang terbuat dari bahan plastik yang aman untuk usianya saat ini (2 tahun). Ternyata reaksinya adalah…

Dia belum menyukainya hahaha. It’s okay because we can try again on another day lah yaa!! Akhirnya saya beri pisau mainan, permainannya tetap sama hanya saja memotong playdoughnya menggunakan pisau. Naaaah, disini saya juga mau share hasil rangkuman bacaan mengenai manfaat kegiatan menggunting ini yaaa…

Menggunting adalah kegiatan yang dapat mengasah kemampuan motorik halus anak. Kegiatan ini juga turut melatih koordinasi mata dan tangan serta memiliki manfaat melatih kekuatan otot jari. Kegiatan menggunting adalah kegiatan yang baik bagi anak sebelum nantinya ia belajar untuk menulis. Saat menggunting anak-anak terlatih untuk sabar dan fokus. Sebagai orang tua kita bisa memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana memegang gunting dengan benar, jari mana yang masuk ke lubang bagian atas dan jari mana yang masuk ke lubang bagian bawah. Selanjutnya beri contoh cara membuka dan menutup gunting dengan hati-hati. Jangan lupa memberikan apresiasi sewajarnya kepada anak, namun jika hasilnya belum memuaskan jangan berikan komentar negatif tetapi tetap terus diarahkan untuk melatih kemampuan mengguntingnya.

Sekian share kali ini yaaa, nantikan mainan DIY dan share kegiatan anak usia dini yang lain ya moms..

Tentang Penulis

Ratnassaleh

Ibu Rumah Tangga dengan dua anak. Saat ini tengah menjalankan profesi sebagai Home Educator untuk kedua putrinya Mikayla (4) dan Mentari (2).

0 Comments

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pin It on Pinterest

Share This
%d bloggers like this: